Tuesday, July 17, 2012

Cara Membuat dan memperpanjang SKCK dan Kartu Kuning

Alhamdulillah, setelah 2 tahun yang lalu pendaftaran Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dibuka, akhirnya tahun ini Pemerintah kembali menyelenggarakan CPNS 2012 di berbagai bidang. Subhanallah, bagi para pencari kerja atau masyarakat yang memang menunggu moment ini berbondong-bondong dalam satu tujuan yg sama, yaitu untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil, insya Allah.

Saya pribadi adalah salah satu dari mereka yang menunggu kesempatan EMAS ini, yang tak boleh dilewatkan. Dengan mengucapkan bismillah, saya pun mengikuti syarat - syarat yang diajukan salah satu penyelenggara CNPS tsb. Walaupun persyaratannya cukup banyak  dan agak ribet, insya Allah dengan niat yg sungguh-sungguh dan ikhtiar, semuanya akan dipermudah oleh Allah kok (Optimis Mode on),

Sedikit berbagi pengalaman dalam susah senangnya mendaftar CPNS ini, berkas-berkas yang diperlukan cukup banyak dan perlu ketelitian serta kecermatan dlm menyusun arsip-arsip tsb. Alhamdulillah, semua dokumen penting saya tersimpan rapi dlm satu map. Jadi, mudah mencarinya jika dibutuhkan sewaktu - waktu. Selanjutnya, saat membuat SKCK, kartu kuning dan surat kesehatan, hal-hal inilah yg biasanya menjadi keribetan tersendiri bagi para CPNS. Banyak permasalahan seperti tidak lengkapnya dokumen, antri panjang, dll. Oleh karena itu, berikut saya informasikan mengenai cara membuat SKCK dan kartu kuning dan cara memperpanjangnya.

1. Cara buat SKCK

Syarat dan Proses pembuatannya :

  •     Buat Surat RT, RW (ket.” Untuk buat SKCK”), untuk dibuatkan surat pengantar dari Kelurahan.
  •     Surat Pengantar dari Kelurahan (ada Cap Kelurahannya ya!!) 
  •     Fotokopi KTP disiapkan.
  •     Pas Photo berwarna ukuran 4x6 sebanyak 4 Lembar untuk kepolisianny
  •     Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Dateng Ke kantor Kepolisian, (inget ada 2 tempat loh yaitu POLSEK dan POLRES) jangan salah  dateng, coz kalo POLRES itu untuk Nasional dan syarat CPNS setau ane, dan kalo buat SKCKnya diPOLSEK, katany buat CPNS gak bisa.
  • Sampe ke POLRES cari bagian pembuatan SKCK, disitu ada ADMIN, nah serahkan surat pengantar yang dari kelurahan tadi dan syarat yang dibawa, nanti dikasih formulir, untuk isi biodata dan bayar Administrasi sebesar Rp. 20.000,- , setelah isi biodata, lengkapi dengan syarat2 yang tadi FC. KK, FC. KTP, Pas Photo 4x6 sebanyak 4 Lembar.
  • Kemudian kalo sudah lengkap data adminnya, kita disuruh kebagian sidik jadi, disitu kita isi lagi formulir data lengkap kita lagi serta kolom data sidik jari yang sudah dicap semua jari2nya. Terus dimintain lagi bayaran seikhlasnya sama polisi bagian Sidik jari…
  • Terakhir, tinggal tunggu besok SKCKnya sudah jadi dan tinggal diambil ke Kantor Polisi..
  • Jadi deh SKCKnya, jangan lupa Fotokopi 5x dan minta cap Legalisirnya.

2. Perpanjang SKCK :
SKCK biasanya expired-nya 3 Bulan,

Syarat-syarat yang harus dibawa :

  •     Siapkan Pas Photo 4x6 sebanyak 4 lembar
  •     Fotokopi KTP dan KK
  •     SKCK yang lama dibawa.
  •     Biaya Adminnya Rp. 20.000,-
  •     Jika SKCK lama sudah tdk berlaku, lampirkan surat pengantar dr RT, RW, kelurahan, kecamatan.  (ada TTD dr RT sampai kecamatan ya)

2. Cara buat Kartu Kuning (Kartu Pencari Kerja).

Syaratnya sama seperti pembuatan SKCK :

  •     Buat Surat RT, RW (ket.” Untuk buat kartu kuning”), untuk dibuatkan surat pengantar dari Kelurahan.
  •     Surat Pengantar dari Kelurahan (ada Cap Kelurahannya ya!!)
  •     Fotokopi KTP disiapkan.
  •     Pas Photo berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 Lembar
  •     Fotokopi Ijazah Terakhir.
  •     Dateng langsung ke Kecamatan setempat bagian pembuatan Kartu Pencari kerja, kita tinggal serahkan data administrasinya, tunggu 5-10 menit langsung jadi.
  •     Sama seperti SKCK jangan lupa di Fotokopi sesuai kebutuhan dan minta Cap Legalisirnya.
  •     Biaya administrasi seikhlasnya.

Perpanjang Kartu Kuning : Kartu kuning expired-nya 6 bulan, proses perpanjangannya tinggal datang Langsung ke Kecamatan setempat, bawa Kartu Kuning tinggal dicap kembali sesuai tanggal pelaporan yang ada dalam kartu tsb.

Semoga bermanfaat ^_^

38 comments:

  1. skrg bukannya udah ga pake pengantar rt rw lg bukan?! re:kartu kuning

    ReplyDelete
  2. @learning by doing: sukses ya CPNSnya!

    @anonymous: untuk kartu kuning mgkn ad bbrp daerah yg msih perlu srt pengantar, disiapkan aja ya :)

    ReplyDelete
  3. Jika SKCK lama sudah tdk berlaku, lampiran surat pengantar dr RT, RW, kelurahan, kecamatan.jadi harus minta pengantar baru lagi,,bkn surat pengantar yg dulu?

    ReplyDelete
  4. nah ane mau nanya ne..
    soal perpanjangan SKCK ,, skck ane dah hbis masa berlakunya 1 thn yg lalu .. n SKCK ane yg lama uda gx ada .. jadi gmn tuh ngrusnya ntar .. ??? wajib surat pengantar itu wajib ??
    soalnya itu yg pling ribet urusannya .. mna kntornya jauh2an .. tha`x

    ReplyDelete
  5. Thanks Akhi ats infony

    ReplyDelete
  6. @winef: ya, bikin surat pengantar baru lagi.
    @anonymous: byasanya kn ada fotokopi SKCK, klo msih ad fotokopianya dibawa aja, klo ga ada buat baru lg.

    ReplyDelete
  7. kalo udah expired masak harus ada surat pengantar lagi?

    ReplyDelete
  8. @anonymous: iya, sy sdiri yg liat persyaratanya di POLSEK

    ReplyDelete
  9. kawan saya mo tanya..
    klo bikin skck ga pake kk bisa ga..?

    ReplyDelete
  10. boleh dicopaste ngga postinganx..hehehee///....

    ReplyDelete
  11. @ikhsan: boleh asalkan tulis sumbernya ya :)

    ReplyDelete
  12. Kalau memperpanjang skck telat 19hari,apa harus bawa surat pengantar?

    ReplyDelete
  13. mv max masa berlaku skck brp bulan yah. .

    ReplyDelete
  14. masalah ikhlas ni seperti serba salah, kesikitan ngasihnya, yang ngurus gak enak di liat tampang cakepnya, di kasih banyak, tampang kita gak enak pas selesai ngurusnya,..!!!
    biasanya ngasih brapa?
    terimaksih infonya
    salam kenal

    ReplyDelete
  15. PAK,, KLO MEMPERPANJANG SKCK BOLEH DI WAKILI GA,,
    SOAL NYA KAN POLRES KLO HR JUM'AT AJA SETENGAH HARI, TRUS SABTU TUTUP SEDANG KAN SAYA KAN KLO HARI KERJA, KERJA JUGA
    GMNA TUH YAH PAK

    ReplyDelete
  16. @anonymous: perpanjang SKCK klo telat bbrp hari/bulan/tahun hrus tetap bawa surat pengantar, dan masa berlakunya hanya 3 bulan.

    @wahyu: biasanya plg sdikit Rp 5.000 atau Rp10.000
    @dewi: tdk boleh diwakilkan krn membutuhkan TTD yg bersangkutan


    ReplyDelete
  17. Terima kasih yah..
    sangat membantu sekali ini buat saya :)

    Salam kenal.
    singgah balik yah :)

    ReplyDelete
  18. Sedikit masukan saja,,klo SKCK itu bkn menggunakan ttd, melainkan sidik jari pemohon,,jdi tidak dpt diwakilkan,,
    Cmiiw,,

    ReplyDelete
  19. Maaf sblmx..Bknx klo prpnjg SKCK tu msh bs pke SKCK lm klo maksimal habis masa berlakux 1thn?Jd g prl ngurus lg dr RT/RW.Dan bknx SKCK tu berlaku smpe 6bln?Ato sya yg slah y...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo masa berlaku SKCK blm habis,,maka ketika perpanjang tidak perlu membawa surat pengantar dri RT/ Rw,,
      Untuk masa berlaku SKCK itu 3 bulan,,mngkin yg 6 bulan itu kartu kuning kali ya,,

      Delete
  20. bagi yg membuat SKCK baru memang pakai sidik jari, tapi klo perpanjang hanya butuh TTD (pengalaman)

    tergantung daerahnya, disini saya hanya berlaku 3 bln, jika masa berlaku habis, wajib bawa surat pengantar RT/RW, tak perlu bawa SKCK lama

    ReplyDelete
  21. Apakah kalau untuk mengikuti tes CPNS, keterangan di SKCK untuk keperluan : MELENGKAPI PERSYARATAN MELAMAR KERJA (pada SKCK saya yg dulu dan masa berlakunya msh cukup lama) itu harus diganti dengan keterangan MELENGKAPI PERSYARATAN MELAMAR TES CPNS atau tetap seperti itu keterangannya untuk melamar tes CPNS?

    ReplyDelete
  22. Biasanya ketika kita memperpanjang / buat SKCK baru, ditanyakan untuk keperluan apa SKCK ini dibuat? tapi jika masih untuk keperluan melamar kerja, ada baiknya dilaporlan ke loket pembuatan SKCK di polres daerah anda

    ReplyDelete
  23. kartu kuning buat di kecamatan bisa buat tes cpns kah?
    tapi saya buat kog warnanya bukan kuning ya

    ReplyDelete
  24. Kalo di tempat saya perpsnjsng SKCK cuma pakai fotokopi KK dan pas foto 4x6 4 lembar ajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Barusan saya baru selesai memperpanjang SKCK dan kartu kuning.
      Untuk memperpanjang kartu kuning, yang terpenting kartu yang sudah ada di bawa saja nanti ditulis dilaporan pertama.
      Untuk SKCK yang dibawa itu foto copy KTP, Foto copy KK foto 4 lembar berwarna (4x6) dan tentunya surat SKCK yang lama pun dibawa.
      Terima kasih.

      Delete
    3. PCGayver di daerah mana?
      saya di jakarta

      Delete
  25. Mbak Yuyun sudah ketrima di PNS di dinas apa?

    ReplyDelete
  26. @mbk dania: untuk kartu kuning di bwa ke kecamatan? Klo untuk SKCK lgsg di bwa ke POLRES atau POLSEK? Mbk dania lokasinya dimna ya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, klo untuk keperluan CPNS harus ke POLRES, POLSEK hanya bisa mengurusi keperluan pekerjaan biasa.

      Delete
  27. untuk background foto skck boleh warna biru nggak ?

    ReplyDelete
  28. Kalo memperpanjang SKCK di daerah lain bisa gak? Saya kan dari bali, kalo memperpanjangnya di Jakarta bisa ngak?

    ReplyDelete
  29. Makasih , bermanfaat banget ..
    Jelasinya detail !

    ReplyDelete